Cara Melihat User ID BCA

Cara Melihat User ID BCA menjadi opsi paling tepat bagi kalian yang sedang mengalami masalah lupa User ID BCA. User ID BCA dan password sendiri menjadi hal yang paling krusial dan perlu dijaga keamanannya bagi setiap nasabah. 

Sebab 2 hal tersebut merupakan komponen utama untuk login pada fasilitas e-banking. Tanpa adanya user ID maupun password nasabah tidak dapat log in dan masuk ke aplikasi perbankan milik BCA.

Jika pembaca mengalami hal tersebut, maka jangan khawatir karena ada berbagai Cara Melihat User ID BCA yang bisa kalian coba. Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini.

User ID BCA Adalah

Cara Melihat User ID BCA

BCA adalah salah satu lembaga perbankan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Layaknya bank lainnya, BCA juga menyediakan berbagai layanan yang memudahkan transaksi. 

Pada postingan sebelumnya, sudah sempat dibahas mengenai Cara Setor Tunai BCA, dan kini kit akan beralih pada pembahasan mengenai Cara Melihat User ID BCA.

Namun sebelum beralih pada pembahasan utama tersebut, sudahkan pembaca tahu apa itu yang dimaksud dengan User ID BCA ?

Dilansir dari laman resminya, BCA User ID berguna untuk mengakses e-channel BCA. Nasabah dapat menghubungkan minimal 1 rekening BCA dengan 1 BCA ID.

BCA ID ini dapat digunakan untuk mengakses dan bertransaksi, baik secara finansial maupun non finansial di layanan e-channel BCA, seperti myBCA dan Welma.

Lantas berapakah jumlah digit dari BCA User ID ? BCA ID terdiri dari angka, huruf, ataupun kombinasi keduanya dengan minimal 6 karakter dan maksimal 21 karakter.

Cara Daftar User ID BCA

Agar bisa melakukan transaksi perbankan, nasabah wajib menyambungkan User BCA ID ke minimal 1 rekening. User ID BCA tersebut dapat kalian peroleh saat melakukan pendaftaran aplikasi BCA. 

Jika kalian masih bingung bagaimana cara pendaftarannya, maka silahkan simak langkah-langkah dibawah ini : 

  1. Download salah satu aplikasi, misalnya myBCA, Welma, atau i-banking BCA
  2. Jika sudah, buka akses aplikasi dan klik โ€œRegistrasiโ€
  3. Nantinya nasabah akan diarahkan untuk registrasi BCA ID
  4. Masukkan alamat e-mail dan password yang valid
  5. Masukkan juga no kartu ATM dan isi PIN BCA milikmu
  6. Nantinya akan ada link aktivasi yang dikirimkan lewat e-mail
  7. Langkah berikutnya, lakukan aktivasi BCA ID
  8. Setelah aktif, User ID BCA siap digunakan untuk login

Cara Melihat User ID BCA

Karena susunannya yang terdiri dari huruf dan angka, tidak sedikit nasabah yang kesulitan untuk menghafal User ID BCA yang dimilikinya. 

Setidaknya terdapat tiga metode yang dapat dilakukan nasabah untuk mengetahui User ID BCA yang terlupa. Simak beberapa metode di bawah ini.

Cara Melihat User ID BCA Melalui ATM BCA

Cara Melihat User ID BCA

Cara melihat User ID BCA yang pertama bisa nasabah lakukan melalui mesin ATM BCA. Metode ini masih menjadi pilihan utama bagi sebagian nasabah bank.

Terutama bagi nasabah yang belum memiliki layanan mobile banking atau internet banking. Selain itu, ATM juga selalu tersedia 24 jam, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi kapanpun.

Meski demikian, nasabah harus tetap memperhatikan beberapa tips keamanan saat bertransaksi di ATM. Adapun berikut prosedur yang perlu kalian terapkan : 

  1. Siapkan kartu ATM BCA terlebih dahulu
  2. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat
  3. Masukkan Kartu ATM ke slot mesin
  4. Lanjut masukkan 6 digit PINย 
  5. Pilih โ€˜Daftar E-Banking/Autodebetโ€™
  6. Pilih โ€˜Internet Bankingโ€™ untuk mengetahui User ID BCA
  7. Akan muncul User ID BCA pada layanan tersebutย 

Cara Melihat User ID BCA Melalui Email

Selain mengunjungi ATM, nasabah juga dapat mengetahui User ID BCA miliknya melalui pesan masuk di email yang terdaftar saat pembukaan rekening. 

Biasanya, pihak BCA akan menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan data nasabah melalui email. Berikut untuk prosedur lengkapnya : 

  1. Buka email yang digunakan untuk mendaftar BCA mobile
  2. Di bagian kolom search, ketik kata pencarian user ID BCA
  3. Nantinya akan ada email yang isinya pesan masuk pihak BCA
  4. Pilih yang dirasa paling sesuai dan buka pesan tersebutย 
  5. Nantinya akan tertampil user ID BCA
  6. Jangan lupa untuk catat user ID tersebut agar tidak mudah lupaย 

Perlu kalian ketahui bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui BCA mobile atau layanan BCA lainnya akan mengirimkan pesan email ke alamat email yang sudah kalian daftarkan. 

Oleh karena itu, ada baiknya saat melakukan proses pendaftaran nasabah harus menggunakan email aktif. Prosedur di atas juga berlaku untuk transaksi pada perbankan lainnya. 

Cara Melihat User ID BCA Melalui Call Center

Cara Melihat User ID BCA

Terdapat metode lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui user ID BCA secara cepat. Jika suatu saat nasabah kehilangan user ID BCA,  maka bisa langsung menghubungi call center BCA.

Metode tersebut cocok bagi nasabah yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk berkunjung ke kantor BCA terdekat secara langsung. Berikut beberapa langkah-langkahnya : 

  1. Langkah pertama, siapkan pulsa yang mencukupi
  2. Jika sudah, hubungi Call Center BCA di no 1500888
  3. Setelah tersambung, CS akan memverifikasi data nasabah
  4. Jawab pertanyaan tersebut sesuai dengan data yang terdaftar
  5. Sampaikan tujuanmu untuk mengetahui User ID yang terlupa
  6. Petugas akan membantu melakukan pengecekan dataย 
  7. Selamat kalian telah memperoleh informasi User ID BCA.

Demikianlah informasi mengenai Cara Melihat User ID BCA yang dapat disampaikan. Kunjungi juga informasi menarik lainnya di artikel lainnya yakni Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan: