Cara Cek Saldo Flazz BCA

Bagi pengguna Flazz BCA, penting bagi kalian untuk melakukan Cara Cek Saldo Flazz BCA. Tujuannya agar pengguna tidak kekurangan saldo saat menggunakan kartu tersebut. Terutama saat membayar di gerbang tol. Sebab belum tentu di gerbang tol ada petugas untuk top up saldo e-toll.

Dapat dikatakan jika sebagian besar nasabah BCA memiliki kartu Flazz BCA. Namun, masih banyak diantara pengguna baru yang belum mengetahui cara untuk mengecek saldo pada kartu mereka.

Jika kalian termasuk pengguna tersebut, jangan khawatir, sebab artikel ini akan menjelaskan mengenai prosedur Cara Cek Saldo Flazz BCA beserta informasi lainnya.

Apa Itu Flazz BCA ?

Cara Cek Saldo Flazz BCA

Sebelum membahas mengenai tahapan dari Cara Cek Saldo Flazz BCA, terlebih dahulu kita akan mengulas mengenai apa itu Flazz BCA.

BCA Flazz adalah produk e-wallet yang diterbitkan oleh Bank BCA dalam bentuk kartu yang berguna untuk melayani kebutuhan transaksi digital di Indonesia.

Berbeda dengan ATM yang dapat digunakan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening yang berbeda, seluruh transaksi dari BCA Flazz berjalan searah dan murni online. 

Pembayaran menggunakan BCA Flazz juga sudah diterima di hampir seluruh merchant resmi di Indonesia, seperti Hypermart, Giant, Gramedia, Indomart, Alfamart dan lainnya. 

Tak hanya merchant besar saja, toko-toko kecil yang menerima pembayaran dengan sistem debit juga biasanya bekerja sama dengan BCA Flazz. 

Hal ini disebabkan karena penggunaan Flazz BCA yang cukup sederhana, dapat dikatakan sangat mirip dengan top up pulsa untuk kartu telepon prabayar. 

Dimana pengguna hanya perlu mengisi kartu BCA Flazz dengan nominal tertentu sehingga nantinya kartu memiliki saldo dan bisa digunakan.

Saldo tersebut kemudian akan terpotong sesuai dengan nominal pembayaran di merchant-merchant yang bekerja sama dengan kartu BCA Flazz. 

Lantas bagaimanakah dengan Cara Cek Saldo Flazz BCA ? Untuk cara pengisiannya, umumnya terbilang cukup mudah dan praktis. Kalian bis simak pembahasan selanjutnya.

Cara Cek Saldo Flazz BCA 

Untuk diketahui saja, Sebelum melakukan Cara Cek Saldo Flazz BCA ada baiknya jika pengguna mengetahui mengenai Cara Membuat Flazz BCA terlebih dahulu.

Jika sudah, lakukan prosedur isi ulang Flazz BCA dan selanjutnya lakukan Cara Cek Saldo Flazz BCA untuk mengecek apakah saldo sudah benar-benar terkirim atau tidak.

Adapun berikut beberapa metode untuk melakukan cek saldo Flazz BCA : 

Cara Cek Saldo Flazz BCA Via BCA Mobile

Cara Cek Saldo Flazz BCA

Untuk diketahui saja, bahwa cek kartu Flazz BCA dengan ponsel mensyaratkan smartphone mu harus dilengkapi dengan fitur NFC (near field communication) yang bisa membaca perangkat di dekatnya. 

Ini artinya, tidak semua ponsel dapat digunakan untuk mengecek kartu Flazz BCA. Jika ponsel kalian tidak memiliki fitur NFC, maka silahkan kunjungi Cara Cek Saldo Flazz BCA Di HP Tanpa NFC.

Namun jika smartphone yang kalian miliki sudah menggunakan fitur NFC, maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini : 

  1. Download aplikasi BCA Mobile di Playstore / Appstore
  2. Jika sudah, silahkan aktifkan aplikasi BCA Mobile di ponsel
  3. Jika sudah aktif, silahkan buka akses aplikasi BCA Mobile
  4. Setelah itu, pilih menu “Info Saldo Flazz”
  5. Lanjut dengan mengaktifkan fitur NFC di ponsel
  6. Tempelkan kartu Flazz di belakang smartphone
  7. Tunggu hingga muncul jumlah saldo yang dimiliki

Cara Cek Saldo Flazz BCA Via ATM BCA

Cara Cek Saldo Flazz BCA

Metode menggunakan ATM ini dilakukan dengan mendatangi ATM milik BCA yang terdekat. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk mengecek saldo yang tersisa dalam kartu Flazz BCA :

  1. Pertama, datangi mesin ATM BCA terdekat
  2. Masukkan kartu paspor BCA ke slot mesin ATM
  3. Setelah itu, silahkan masukkan 6 digit PIN 
  4. Tunggu hingga layar menunjukkan menu utama
  5. Pilih menu “Flazz” lalu klik menu “Top Up”
  6. Masukkan nominal Top Up yang diinginkan
  7. Langkah berikutnya, pilih tombol “Benar”
  8. Kartu paspor BCA akan otomatis keluar
  9. Ambil kartu lalu ganti dengan kartu BCA Flazz
  10. Masukkan kembali PIN paspor BCA (jika diminta)
  11. Jika transaksi berhasil, saldo akan bertambah
  12. Pilih tombol “selesai” atau tekan tombol “cancel” 
  13. Langkah terakhir, ambil kartu BCA Flazz
  14. Kartu BCA Flazz sudah siap digunakan untuk berbelanja

Cara Cek Saldo Flazz BCA Via Mesin EDC

Mesin EDC yang memiliki kepanjangan dari Electronic Data Capture adalah mesin yang biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran dan isi ulang saldo.

Meski demikian, kalian juga bisa menggunakannya untuk cek saldo Flazz BCA. Prosedurnya sangatlah mudah, karena pengguna hanya perlu mengunjungi tempat yang memiliki mesin EDC.

Untuk mengetahui prosedur selengkapnya, simak langkah-langkah dibawah ini.  

  1. Pertama, kunjungi mesin EDC di minimarket terdekat
  2. Tempelkan kartu Flazz BCA ke mesin EDC BCA
  3. Tunggu hingga mesin menampilkan jumlah saldo 
  4. Tekan menu “Selesai” dan ambil kartu Flazz milikmu

Metode lain untuk mengecek saldo Flazz BCA yakni dengan melakukannya langsung di tempat umum.  Misal pengguna sedang melakukan transaksi langsung di jalan tol.

Maka kalian bisa langsung melakukan pengecekan saldo Flazz. Biasanya nominal saldo yang tersedia akan langsung tertera di layar yang ada di pintu gerbang tol.

Penting untuk diketahui bahwa metode Cara Cek Saldo Flazz BCA dapat berbeda tergantung pada layanan yang tersedia beserta perkembangan teknologi yang mungkin saja terjadi.

Jadi pastikan untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh Bank BCA atau hubungi layanan pelanggan BCA jika kalian mengalami kesulitan dalam melakukan cek saldo Flazz BCA.

Demikianlah informasi mengenai Cara Cek Saldo Flazz BCA. Dengan mengikuti tahapan yang disebutkan di atas, kalian dapat dengan mudah mengetahui saldo yang tersisa di kartu Flazz BCA.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: