Cara Beli SBN Di BCA

Cara beli SBN di BCA sangat mudah dan praktis. Bahkan dalam prosesnya, pembaca hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Setelah proses pembelian selesai dilakukan, kalian akan menerima bukti pembelian SBN Ritel.

Kehadiran fitur investasi yang satu ini seakan menjadi gaya hidup populer, terlebih di kalangan anak muda. Hal ini karena timbal balik dan keamanannya yang sangat patut diacungi jempol.

Lantas bagaimanakah prosedur dari Cara Beli SBN Di BCA ? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak uraian dibawah ini hingga tuntas.

Pengertian SBN

Cara Beli SBN Di BCA

Sebelum membahas mengenai topik utama perihal prosedur dari Cara beli SBN di BCA, terlebih dahulu akan dibahas mengenai apa itu SBN.

Surat Berharga Negara atau yang biasa disebut sebagai SBN adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin langsung oleh pemerintah Republik Indonesia. 

Jadi, pemerintah akan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat agar berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara.

Arti mudahnya, kalian akan meminjamkan sejumlah uang ke negara yang dalam jangka waktu tertentu. Jika sudah tanggal jatuh tempo, negara akan mengembalikan uangmu seluruhnya. 

Nah, nantinya pada setiap bulannya, nasabah terkait juga akan menerima imbal hasil berupa bunga yang akan otomatis terdebet ke rekening milikmu.

Cara Beli SBN Di BCA

Sama seperti saat kalian melakukan prosedur Cara Bayar UTBK Lewat BCA, Cara beli SBN di BCA juga terbilang mudah asalkan kalian mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Lantas, bagaimana cara beli SBN melalui Bank BCA? Berikut akan diberikan beberapa opsi metode yang bisa kalian pilih : 

Cara Beli SBN Di BCA Lewat ATM BCA

Cara Beli SBN Di BCA

Dikutip dari website resmi bank BCA, pembelian SBN di bank swasta dapat dilakukan melalui ATM BCA terdekat. Berikut langkah-langkah yang bisa coba kalian praktekkan : 

  1. Langkah pertama, kunjungi mesin ATM BCA terdekat
  2. Kemudian masukkan Kartu dan PIN di slot mesin ATM BCA
  3. Pada menu Utama, silahkan pilih โ€œTransaksi Lainnyaโ€ 
  4. Pilih โ€œPembayaranโ€, klik โ€œMPN/Pajakโ€ dan pilih โ€œPenerimaan Negaraโ€
  5. Input Kode Billing yang didapatkan dari pemesanan SBN Ritel 
  6. Berikutnya, pastikan kesesuaian data pembayaran
  7. Lakukan konfirmasi dan setelah pembayaran berhasil dilakukan
  8. No Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dapat dilihat di struk transaksi

Cara Beli SBN Di BCA Lewat Welma

Cara Beli SBN Di BCA

Dikutip dari laman resmi Bank BCA, pemesanan Obligasi Negara Ritel melalui Bank BCA juga bisa dilakukan secara online yaitu  melalui fitur Welma myBCA. 

Adapun langkah-langkah atau prosedur membeli instrumen investasi SBN melalui Bank BCA adalah sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi myBCA, pilih fitur โ€œWelmaโ€
  2. Pilih โ€œObligasi dan SBN Pasar Perdanaโ€ 
  3. Pilih obligasi yang diinginkan dan klik โ€œPesanโ€ 
  4. Langkah berikutnya, masukkan nominal 
  5. Baca Memorandum Informasi dan Ketentuan Pemesanan SBN Ritel Online
  6. Jika kalian setuju, silahkan klik centang
  7. Lalu klik โ€œPesan Cek detail pemesananโ€
  8. Klik โ€œBayar Cek kesesuaian informasiโ€
  9. Pilih โ€œrekening sumber danaโ€ dan klik โ€œLanjutโ€ 
  10. Konfirmasi pemesanan dengan klik โ€œLanjutโ€ 
  11. Input PIN untuk memproses transaksi 
  12. Transaksi sedang dalam proses, klik โ€œSelesaiโ€

Manfaat Investasi SBN

Tak hanya membahas mengenai prosedur dari Cara beli SBN di BCA saja, dibawah ini juga akan disampaikan mengenai kelebihan dari investasi surat berharga negara yang perlu kalian tahu. 

Adapun berikut kelebihan-kelebihan yang dimaksud : 

1. Pajak lebih rendah dibanding deposito

Perlu diketahui bahwa SBN dan deposito termasuk dalam produk investasi dengan risiko rendah. Imbal hasil dari kedua produk ini juga termasuk ke dalam objek pajak. 

Bunga deposito akan terkena pajak sebesar 20%, berbeda dengan kupon SBN dimana akan dikenakan pajak yang lebih rendah, yakni 10%.

Pajak surat berharga negara yang lebih rendah tersebut membuat imbal hasil yang kita dapat dari investasi ini tentu akan lebih tinggi dibanding deposito.

2. Imbal hasil menarik

Investasi surat berharga negara dapat menjadi opsi investasi rendah risiko yang imbal hasilnya jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan deposito.

Produk investasi ini memiliki besaran kupon yang berbeda setiap serinya, dimana akan menyesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia.

Imbal hasilnya juga lebih menarik dari deposito, selain karena kuponnya yang lebih besar dari bunga deposito, pajak bunganya juga lebih rendah. Jadi akan double untung.

3. Risiko investasi relatif rendah

SBN menjadi salah satu investasi yang resikonya relatif rendah. Pemerintah telah mengatur ketentuan investasi surat berharga negara pada UU No.24 Tahun 2002 mengenai Surat Utang Negara.

4. Aman dari fluktuasi pasar

Perlu kalian ketahui jika jika terdapat beberapa produk SBN yang sifatnya non-tradable seperti SBR dan ST. Artinya, kedua produk ini tidak dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Jadi tidak berpotensi rugi. 

Buat pembaca yang memiliki ORI dan SR, tidak perlu khawatir soal fluktuasi pasar selama kalian tetap hold kepemilikan ORI dan SR milikmu akan sampai masa jatuh temponya.

5. Bentuk kontribusi pada negara

Sebenarnya ada banyak cara bagi kita untuk berkontribusi pada negara, salah satunya yakni dengan melakukan prosedur dari Cara beli SBN di BCA. 

Penerbitan surat berharga negara ini dapat membuka peluang besar bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan negara dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Prosedur dari Cara beli SBN di BCA diatas sangat mudah bukan ? Jadi tunggu apalagi, jangan ragu, untuk investasikan dana milikmu di SBN melalui bank BCA.

Kalian juga bisa mengakses artikel lainnya seperti tentang Cara mengumpulkan BCA KrisFlyer Miles agar semakin menambah wawasanmu.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: