Kartu Flazz BCA Gen 2

Ternyata ada banyak orang yang belum mengetahui mengenai apa itu Kartu Flazz BCA Gen 2. Kartu tersebut menjadi sangat populer di Indonesia sebagai salah satu jenis kartu pembayaran multifungsi yang bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan.

Tidak hanya untuk pembayaran transportasi publik saja, namun juga bisa untuk membayar makanan, belanja di toko dan bahkan bisa digunakan untuk Masuk Ragunan Pakai Kartu Flazz BCA.

Bagi kalian yang penasaran dengan informasi dari Kartu Flazz BCA Gen 2 selengkapnya, silahkan simak uraian dibawah ini hingga tuntas ya.

Kartu Flazz BCA Gen 2

Kartu Flazz BCA Gen 2

Pada artikel sebelumnya yang menginformasikan perihal Cara Mendapatkan Kartu Flazz BCA Gratis sempat disinggung dengan Kartu Flazz BCA Gen 2.

Mungkin diantara pembaca, terlebih yang baru pertama kali mendengar Kartu Flazz BCA akan bertanya-tanya mengenai apa itu Kartu Flazz BCA Gen 2.

Kartu ini sendiri dirilis oleh bank BCA pada awal 2020 lalu, yang dimana memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan kartu Flazz Gen 1.

Salah satunya adalah ukuran chip yang digunakan untuk kartu Gen 2 terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan Gen 1. Flazz Gen 2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi RFID.

Oleh karena itu, disarankan untuk para pengguna Flazz Gen 1 agar mengganti kartu miliknya menjadi Flazz Gen 2. Berikut akan dijabarkan mengenai perbedaan Flazz Gen 1 dan Gen 2 lainnya :

1. Dukungan isi ulang kartu secara online

Telah disediakan fitur NFC dan RFID pada Flazz Gen 2 sehingga dapat membuat penggunanya bisa melakukan top up atau isi ulang secara online. 

Namun syaratnya, smartphone milikmu harus sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Dengan fitur tersebut kalian dapat mengisi saldo Flazz Gen 2 hanya dengan sentuhan dalam hitungan detik.

Tentu saja pembayarannya akan jauh lebih mudah dan aman bukan ? Keunggulan semacam ini tidak bisa diperoleh dari Flazz Gen 1 karena kartu tidak dilengkapi dengan fitur NFC dan RFID.

2. Memiliki logo yang berbeda

Menurut keterangan yang disampaikan oleh petugas CS Halo BCA di salah satu platform digital, salah satu perbedaan Flazz Gen 1 dan Gen 2 yang paling menonjol bisa terlihat jelas di bagian logonya.

Pada Flazz Gen 2, ada seperti jaringan WiFi di bagian atas logo tulisan โ€˜Flazzโ€™. Sementara logo pada kartu Flazz Gen 1 hanya tertulis kata โ€˜Flazzโ€™ saja.

Kegunaan Kartu Flazz BCA Gen 2

Kartu Flazz BCA Gen 2

Sudah disebutkan diatas bahwa jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kartu Flazz Gen 2 lebih memiliki berbagai keuntungan yang membuatnya semakin banyak diminati pengguna.

Berikut akan disampaikan mengenai beberapa kegunaan Kartu Flazz BCA Gen 2 yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna : 

1. Belanja Non Tunai

Kartu Flazz BCA bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai macan merchant. BCA sendiri sudah bekerja sama dengan ribuan merchant dari sektor FnB hingga ritel.

2. Bayar Tol

Flazz BCA dapat digunakan sebagai alat pembayaran tiket tol. Kartu ini berlaku di banyak ruas tol seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan tol lainnya yang ada di Indonesia.

3. Bayar Parkir

Kini banyak mall dan gedung perkantoran yang sudah menerapkan pembayaran non tunai. Kartu Flazz BCA menjadi salah satu uang elektronik yang bisa digunakan untuk membayar tiket parkir.

4. Bayar Tiket Transportasi

Bepergian juga dapat lebih mudah dengan membawa kartu Flazz. Kalian bisa membayar transportasi umum, seperti JaLingkos, TransJakarta, Trans Pakuan, Trans Jogja, sampai Commuter Line.

5. Bayar SPBU

Flazz BCA sudah dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran di SPBU. Untuk menggunakannya, kalian perlu memenuhi minimal pembelian Rp 50 ribu.

Cara Menggunakan Kartu Flazz Gen 2 

Kartu Flazz BCA Gen 2

Setelah mengetahui perihal beberapa perbedaan Flazz Gen 1 dan 2 beserta keunggulannya, pasti diantara pembaca ada yang penasaran dengan bagaimana cara menggunakan kartu Flazz ini untuk bertransaksi.

Berikut dibawah ini akan disampaikan mengenai beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam menggunakan kartu Flazz Gen 2 dengan efektif. Berikut diantaranya : 

1. Pastikan Saldo Cukup 

Saldo yang mencukupi sangat penting karena jika saldo kartu milikmu tidak mencukupi untuk membayar transaksi, maka tentu saja transaksi tersebut tidak akan berhasil. 

Adapun cara untuk memeriksa saldo kartu Flazz Gen 2 yakni bisa dengan menggunakan mesin cek saldo yang dapat ditemui di stasiun maupun merchant yang bekerja sama dengan Flazz BCA. 

2. Gunakan Secara Rutin 

Cara menggunakan kartu Flazz  BCA dengan baik yang berikutnya adalah dengan menggunakan kartu Flazz Gen 2 secara rutin atau berkala untuk memaksimalkan manfaatnya. 

Semakin sering kalian menggunakan kartu ini, maka tentu saja akan semakin banyak manfaat yang akan kalian dapatkan. 

3. Cek Masa Berlaku Kartu 

Perhatikan masa berlaku kartu Flazz Gen 2. Perlu diketahui bahwa setiap Kartu Flazz BCA Gen 2 memiliki masa berlaku yang bisa diperpanjang dengan cara melakukan top-up secara teratur. 

Jadi selaku pastikan jika kalian mengisi ulang saldo kartu Flazz BCA milikmu sebelum masa berlaku habis agar kartu tersebut tetap bisa digunakan. 

4. Hindari Transaksi Besar 

Tips keempat yang tidak boleh dilewatkan pengguna adalah dengan menghindari transaksi besar. Meski kartu Flazz Gen 2 dapat digunakan untuk berbagai keperluan transaksi. 

Namun, ada baiknya jika hanya dipakai untuk transaksi kecil atau nominal yang terbatas. Sebab, kartu ini lebih cocok untuk jenis transaksi yang dilakukan secara berulang-ulang dalam nominal yang kecil.    

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Kartu Flazz BCA Gen 2. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: