No Referensi BCA

Bagaimana cara mengetahui kode No Referensi BCA ? Dalam proses transfer dana, selain no  rekening tujuan, no referensi juga memiliki peran sangat krusial yang sering diabaikan oleh sebagian nasabah Bank dari bank BCA.

Namun, ternyata masih banyak diantara nasabah Bank BCA yang belum memahami betapa pentingnya fungsi dari nomor referensi ini.

Oleh sebab itulah, artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian No Referensi BCA, fungsinya dan prosedur ceknya.

No Referensi BCA

No Referensi BCA

No Referensi BCA dapat disebut juga sebagai no identifikasi, yang merupakan sejenis nomor seri sebagai tanda bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan. 

Misalnya, 3 bulan lalu, nasabah melakukan pembayaran ke salah satu rekening rekan kerja, namun kalian lupa menyimpan print out dari transaksi tersebut, dan hanya ada no referensi yang tersimpan di email. 

Suatu saat, jika transaksi tersebut dibutuhkan, kalian bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk meminta data terkait transaksi tersebut dengan menyerahkan No Referensi BCA yang didapat saat itu.

Selain tertera dalam sebuah transaksi perbankan, no referensi juga bisa kalian peroleh pada transaksi lainnya, hanya berbeda istilah penyebutan saja. 

Misalnya, pada contoh transaksi isi pulsa. Jika diperhatikan, pada saat melakukan pengisian pulsa di kios isi pulsa, no handphone akan menerima SMS dari operator.

SMS tersebut akan berisikan pemberitahuan jika isi ulang dengan nominal tertentu sudah berhasil, dengan disertai adanya no seri. 

No seri itu fungsinya sama dengan no referensi pada transaksi bank. No referensi juga bisa muncul saat kalian melakukan transfer saldo menggunakan layanan internet banking bank lain.

Cara Cek No Referensi BCA

No Referensi BCA

Untuk mengecek nomor referensi BCA, nasabah perlu melakukan transaksi perbankan melalui salah satu metode yang disediakan oleh BCA, seperti ATM BCA, internet banking, atau mobile banking. 

Setelah transaksi selesai, nantinya kalian akan menerima bukti atau konfirmasi transaksi yang berisikan nomor referensi tersebut.

Namun bagaimana jika sudah melakukan transaksi namun tidak memiliki No Referensi BCA atau mengalami masalah terkait nomor tersebut.

Jika terjadi masalah tersebut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan BCA atau mengunjungi cabang BCA terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Di kantor cabang BCA tersebut kalian juga bisa lakukan kegiatan perbankan yang lainnya lho, seperti contohnya proses transfer atau hanya bertanya produk BCA seperti KUR BCA.

Nah, kembali ke topik, jika nasabah telah melakukan transaksi perbankan lewat BCA, kalian bisa segera langsung mengecek nomor referensi BCA dengan beberapa metode dibawah ini : 

1. Cara Cek No Referensi BCA dengan BCA Mobile

Metode pertama yang bisa nasabah lakukan yakni dengan melalui aplikasi mobile banking bank BCA. 

Dengan menggunakan opsi tersebut nantinya kalian bisa memilih sendiri Informasi transaksi yang ingin didapatkan tanpa harus mengunjungi kantor Bank  BCA. 

Saat mempraktekkan ops ini, kalian harus mengecek apakah ada koneksi internet atau tidak karena jika sampai tidak ada, maka nasabah tidak dapat mempraktekkannya.

Untuk prosedurnya sendiri, bisa kalian ikuti pada langkah-langkah berikut : 

  1. Pertama, buka aplikasi BCA Mobile pada perangkat ponsel
  2. Klik menu โ€œm-BCAโ€ dan input kode masuk di kolom yang tersediaย 
  3. Klik menu โ€œm-Transferโ€ dan masuk ke menu Inboxย 
  4. Nantinya akan ada bukti transfer atau transaksi perbankan milikmu
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul Riwayat Transaksiย 
  6. Pada tahap ini, kalian dapat melihat nomor referensi transaksi

2. Cara Cek No Referensi BCA dengan KlikBCA

No Referensi BCA

Metode yang kedua yakni bisa melalui KlikBCA. KlikBCA sendiri adalah layanan internet banking yang disediakan oleh BCA. 

Dengan layanan ini, kalian bisa melakukan transaksi perbankan hanya sekali klik saja, tanpa keluar rumah. Berikut prosedur lengkapnya : 

  1. Langkah pertama, buka โ€œKlik BCAโ€ melalui browser
  2. Lakukan login dengan memasukkan user ID dan Passwordย 
  3. Pilih menu โ€œHistori Transaksiโ€ untuk melihat riwayat transaksiย 
  4. Pilih โ€œperiode atau waktu transaksiโ€ untuk melakukan pelacakan
  5. Akan muncul riwayat transfer sesuai dengan periode yang dipilih
  6. Klik link di sebelah kiri laman untuk melihat rincian transaksi
  7. Kalian akan dapat melihat detail lengkap dari transaksi tersebut

Fungsi No Referensi BCA pada Transaksi Keuangan

Nomor Referensi Bank pada transaksi keuangan memiliki sejumlah fungsi penting yang wajib diketahui nasabah, berikut di antaranya :

  • Identifikasi Transaksi: No referensi bank digunakan untuk mengidentifikasi transaksi dalam sistem perbankan. Hal ini dapat membantu bank dan nasabah dalam melacak detail transaksi secara efisien.
  • Verifikasi Transaksi: No referensi bank digunakan sebagai alat verifikasi, yang memungkinkan bank dan nasabah untuk memastikan jika transaksi sudah berhasil dan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Pelacakan Riwayat Transaksi: No referensi bank dapat membantu dalam melacak riwayat transaksi nasabah. Dengan no ini, nasabah bisa dengan mudah mencari dan memeriksa catatan transaksi milik mereka.
  • Penyelidikan Transaksi: Jika terjadi masalah terkait transaksi, No Referensi Bank dapat digunakan sebagai bukti untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah tersebut.
  • Keamanan Transaksi: Nomor referensi bank juga berperan dalam menjaga keamanan transaksi. Nasabah dapat mengkonfirmasi transaksi mereka dengan bank berdasarkan nomor referensi ini.
  • Pelaporan Pajak: Dalam beberapa kasus, nomor referensi bank dapat digunakan dalam pelaporan pajak, terutama untuk transaksi yang melibatkan penerimaan atau pembayaran yang signifikan

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan terkait No Referensi BCA. Kunjungi juga artikel lainnya di Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor Di Bank BCA.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: