Lapor.go.idss

Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa ternyata dapat dilakukan dengan langkah mudah lho. Informasi mengenai hal ini sangat penting disimak bagi para nasabah. Sebab, keamanan dalam bertransaksi perbankan wajib menjadi perhatian lebih.

Mengingat di era digital seperti saat ini, kemudahan dalam bertransaksi online sering kali disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Karenanya, kalian perlu mengetahui prosedur dari Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa yang akan dijelaskan di bawah ini untuk mengantisipasinya.

Fungsi Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa

Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa

Mengetahui Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa bisa menjadi upaya pencegahan untuk menghindari penipuan bahkan bisa melindungi keluarga maupun teman terdekat.

Nomor rekening sendiri adalah sejumlah angka yang secara unik mengidentifikasi rekening perbankan seorang nasabah atau suatu badan usaha. 

Setiap no rekening tersebut digunakan untuk mengidentifikasi dan memproses transaksi keuangan, seperti penerimaan, pengiriman dana, pembayaran tagihan, dan keperluan lainnya.

Meskipun demikian, kemudahan semacam itu nyatanya dapat mendatangkan konsekuensi yang tidak kalah besar, yaitu semakin tingginya risiko kejahatan. 

Nah sebelum beralih pada topik utama perihal Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa, ketahui terlebih dahulu mengenai kegunaan dari melakukan prosedur tersebut : 

1. Mencegah penipuan

Terjadinya penipuan menggunakan rekening bank seringkali terjadi. Dengan melakukan cek identitas lewat no rekening bank,tentu bisa meminimalkan risiko penipuan yang akan merugikan nasabah.

2. Memastikan dana terkirim pada orang yang tepat

Nasabah kerap melakukan transfer uang untuk berbagai kebutuhan. Ada yang mengirimkan uang untuk keluarga, ada juga yang mengirimkannya untuk supplier dalam usaha. 

Dengan melakukan pengecekan rekening sebelum mengirimkan dana bisa memastikan nasabah tidak salah kirim uang.

Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa

Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa

Setelah mengetahui perihal kegunaan dari melakukan cek nomor rekening BCA atas nama siapa, kini saatnya kita membahas mengenai topik utama.

Adapun Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa sendiri dapat dilakukan dengan berbagai opsi metode. Berikut diantaranya : 

1. Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa Lewat Aplikasi Perbankan

Cara pertama untuk cek nomor rekening adalah dengan melalui aplikasi perbankan seperti BCA mobile. Kalian bisa memasukkan no rekening tersangka penipuan pada menu transfer.

Jika nomor rekening sudah dimasukkan ke aplikasi perbankan tersebut, otomatis akan langsung memunculkan nama lengkap tujuan transfer. 

Nama lengkap beserta no rekening ini bisa kalian jadikan acuan untuk mencari lebih lanjut di mesin pencarian browser.

Di aplikasi tersebut kalian juga bisa lakukan kegiatan perbankan lainnya seperti tahapan dari Cara Cek Nomor M Banking BCA.

2. Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa Lewat Kredibel.co.id

Metode berikutnya adalah dengan menggunakan situs kredibel.co.id. Situs ini memungkinkanmu untuk memastikan apakah pemilik no rekening sudah pernah dilaporkan dalam kasus penipuan atau tidak.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk cek rekening BCA melalui  Kredibel.co.id :

  1. Langkah pertama, masuk ke laman kredibel.co.id
  2. Lanjut pilih menu โ€˜Cek Rekeningโ€™ di bagian bawah
  3. Masukkan no rekening di kolom yang tersedia
  4. Terakhir silahkan klik โ€˜Cariโ€™  

3. Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa Lewat CekRekening.id

CekRekening.id adalah situs yang diluncurkan oleh Kemkominfo. Situs ini berguna untuk membantu masyarakat dalam memeriksa identitas pemilik rekening bank. 

Kalian juga bisa memanfaatkan situs ini untuk melaporkan tindak penipuan. Berikut tahapan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan situs CekRekening.id :

  1. Masuk ke laman โ€œcekrekening.idโ€
  2. Akan ada menu โ€˜Periksa Rekeningโ€™
  3. Kemudian klik tombol โ€˜Cek Sekarangโ€™ 
  4. Pilih jenis akun โ€˜Bankโ€™ atau โ€˜e-Walletโ€™ 
  5. Setelah itu, pilih nama bank
  6. Ketik no rekening di kolom yang disediakan
  7. Klik kotak centang di bagian โ€˜Iโ€™m not a robotโ€™
  8. Terakhir, tekan โ€˜Cek Sekarangโ€™.

4. Cara Cek Rekening Penipu Lewat Lapor.go.id

Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa

Situs Lapor.go.id dibuat pemerintah untuk melayani pengaduan serta saran masyarakat. Jadi, nasabah juga bisa menggunakan situs tersebut untuk melaporkan tindak penipuan. Berikut adalah caranya :

  1. Langkah pertama, masuk ke laman lapor.go.id.
  2. Pilih โ€™Klasifikasi Laporanโ€™ berupa โ€˜Permintaan Informasiโ€™
  3. Ketik judul laporan berupa data no rekening penipu
  4. Tulis secara rinci laporan pada kolom tersebut
  5. Masukkan nama kalian di kolom โ€˜Ketik Asal Pelaporโ€™
  6. Ketik instansi tujuan lalu pilih kategori laporan
  7. Unggah bukti dugaan penipuan, misalnya screenshot
  8. Pilih โ€˜Anonim / Rahasiaโ€™ jika laporan mau dibuat secara privat
  9. Langkah berikutnya, klik tombol โ€˜Lapor!โ€™
  10. Tunggu proses verifikasi dan tanggapan oleh petugas 

Cara Membekukan Nomor Rekening Penipu

Setelah melakukan Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa, dan kalian yakin jika  no rekening tersebut adalah rekening penipu, ada beberapa langkah untuk membekukannya. 

Berikut tahapannya : 

  1. Hubungi Pihak Bank / Lembaga Keuangan Terkait

Pihak bank atau lembaga keuangan yang dihubungi harus berkaitan dengan nomor rekening tersebut. Seperti contohnya bank BCA. 

Biasanya kalian akan diminta untuk memberikan informasi yang relevan perihal dengan adanya dugaan penipuan.

Selanjutnya pihak bank akan menjelaskan prosedur sebelum berakhir membekukan nomor rekening milik penipu.

  1. Buat Laporan Kasus Penipuan

Cara lainnya untuk membekukan rekening penipu yakni dengan membuat laporan kasus penipuan. Hasil pengecekan dapat menjadi bukti kuat.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Cara Cek Nomor Rekening BCA Atas Nama Siapa. Cek berita lainnya di Cara Cek Nomor Rekening BCA lewat SMS.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: