Cara Melihat Token Listrik di BCA Mobile sebenarnya cukup mudah dilakukan. Para pembaca pun juga sudah tidak asing dengan aplikasi yang bernama BCA Mobile. Ini merupakan layanan dari BCA yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi.

Dengan demikian, apabila token listrik milik nasabah lupa ataupun hilang dapat dengan mudah dan simple mengetahuinya kembali. Adapun untuk Cara Melihat Token Listrik di BCA Mobile sendiri bisa kalian simak pada uraian dibawah ini.

Apa itu Token Listrik

Cara Melihat Token Listrik Di BCA Mobile

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tahapan dari Cara melihat token listrik di BCA Mobile, simak terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan token listrik.

Pada awal kemunculannya, PLN memperkenalkan token listrik pertama kali dengan nama “Listrik Pintar”. Namun kini, berkat penggunaan sistem token sebagai pembayaran isi ulang listrik.

Kini masyarakat Indonesia lebih mengenal sarana ini dengan nama token listrik. Adapun inovasi dari PLN ini pertama kali diperkenalkan di kawasan Jawa Barat. 

Melihat kesuksesan dari inovasi tersebut, akhirnya pihak PLN mulai meningkatkan kuantitasnya agar dapat menjangkau seluruh kawasan di Indonesia. 

Token listrik hadir sebagai pilihan yang ditawarkan PLN berdasarkan sistem yang sudah lebih dulu populer dari perusahan telekomunikasi di Indonesia. 

Sebagaimana yang kalian ketahui, bahwa di Indonesia juga memiliki dua sistem pembayaran telekomunikasi, yaitu pascabayar dan prabayar. 

Cara Melihat Token Listrik Di BCA Mobile 

Cara Melihat Token Listrik Di BCA Mobile

Agar pembaca dapat menikmati fasilitas listrik prabayar, maka kalian harus membeli token dengan nominal tertentu. 

Saat membeli token, nantinya kalian akan mendapatkan 20 digit nomor yang nantinya akan dimasukkan ke dalam meteran untuk isi ulang.

Semua angka tersebut harus dimasukkan dengan benar agar pulsa listrik kalian dapat terisi. Lalu, bagaimana jika no token yang dibeli hilang?

Jika kalian menggunakan BCA mobile sebagai transaksi untuk mengisi token listrik maka riwayat transaksi tersebut bisa dilihat di aplikasi. 

Lantas bagaimanakah Cara Melihat Token Listrik di BCA Mobile ? Sama saat melakukan Cara Bayar Biznet lewat BCA Mobile, prosedurnya terbilang cukup mudah. Bahkan bagi pemula sekalipun.

Adapun berikut tahapan dari Cara melihat token listrik di BCA Mobile yang bisa kalian ikuti : 

  1. Pertama, buka akses aplikasi BCA Mobile 
  2. Jika sudah terbuka, masukan kode akses
  3. Pilih “m-Commerce” lalu pilih “Inbox”
  4. Akan muncul transaksi yang pernah dilakukan 
  5. Pilih pesan yang berjudul “PLN Prabayar”
  6. Nantinya kalian akan melihat detail transaksi
  7. Gulir ke bawah dan lihat “STROOM/TOKEN” 
  8. Cara melihat token listrik di BCA Mobile berhasil

Penyebab Token Listrik Di BCA Mobile Tidak Muncul

Cara Melihat Token Listrik Di BCA Mobile

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan prosedur Cara melihat token listrik di BCA Mobile ada saja faktor yang menyebabkan token tidak muncul. Berikut penyebab-penyebab yang dimaksud : 

  • Jaringan server error sehingga menyebabkan no token listrik tidak muncul di BCA mobile. Solusinya, nasabah bisa menggunakan fasilitas PLN Mobile untuk cek transaksi terakhir.
  • Meteran sedang mengalami gangguan sehingga menyebabkan server PLN tidak dapat melakukan verifikasi.
  • Akses internet lambat saat membuka mobile banking BCA.
  • KwH melebihi batasan isi ulang, solusinya hubungi pihak PLN untuk mengatasinya.

Cara Lain Melihat Token Listrik

Dibawah ini juga akan disampaikan mengenai solusi jika nasabah BCA tidak bisa melakukan tahapan dari Cara melihat token listrik di BCA Mobile. 

Kalian bisa gunakan alternatif lain melalui call center PLN atau juga bisa melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut detail lebih lengkapnya : 

Menghubungi Call Center PLN 

PLN memiliki call center yang bisa langsung pembaca hubungi. Berikut ini langkah-langkah mendapatkan no token listrik yang hilang melalui call center :

  1. Pertama, catat no meter sebagai informasi untuk petugas PLN 
  2. Cari tahu kode area kalian, misalnya 022-123 atau 021-123
  3. Selanjutnya hubungi 123 dengan kode area kalian di awal
  4. Sampaikan masalahmu dan sebutkan nomor meter atau IDPEL
  5. Petugas akan memberitahu informasi mengenai nomor token listrik 

Mengakses PLN Mobile

Selain melalui call center, PLN juga telah memiliki aplikasi bernama PLN Mobile yang bisa kalian unduh melalui Play Store. Nah, semua riwayat transaksi akan terekam dengan baik di sini.

Jika pembaca ingin mengetahui no token listrik yang hilang, maka aplikasi ini dapat membantu. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa kalian simak pada prosedur dibawah ini : 

  1. Pertama, download PLN Mobile di Play Store dan buka akses aplikasi nya
  2. Akan ada 4 pilihan dari Permohonan, Pengaduan, Informasi, dan Pembayaran. 
  3. Jika kalian bingung memilih yang mana, pilih menu “Informasi”
  4. Kalian akan menemukan opsi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
  5. Akan muncul pop-up berupa ‘Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda’
  6. Selanjutnya langsung isi IDPEL yang terdapat di meteran milikmu
  7. Akan muncul pop-up mengenai 20 digit nomor token listrik yang hilang
  8. Terakhir, isi nomor token listrik tersebut ke meteran milikmu

Setelah melakukan Cara Melihat Token Listrik di BCA Mobile, kalian bisa menyimpannya dengan cara di screenshoot agar tersimpan sebagai gambar di galeri foto.

Tapi foto tersebut bisa kapan saja terhapus bukan ? Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya kalian mencatat no token listrik di note atau catatan khusus baik di buku maupun di handphone. 

Hal tersebut berguna agar dikemudian hari saat kalian ingin melakukan pengisian ulang tidak lagi kebingungan mencari nomor token milikmu.

Baca juga informasi penting lainnya seperti Cara Kirim SMS Aktivasi BCA Mobile pada artikel yang lain.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan: