Beberapa Alasan Membuat Key BCA

Pernahkah pembaca bertanya-tanya perihal Alasan membuat Key BCA ? Key BCA sendiri adalah perangkat tambahan untuk layanan internet banking BCA. perangkat tersebut nantinya akan berguna sebagai sistem keamanan ganda di setiap transaksi yang dilakukan nasabah lewat KlikBCA.

Jadi, KeyBCA akan memberikan kode unik berupa kumpulan angka yang berbeda-beda pada setiap transaksi keuangan, baik itu keperluan transfer sesama, transfer ke rekening Bank lain maupun keperluan lain nya seperti bayar tagihan. 

Mau tahu lebih jauh soal Alasan membuat Key BCA beserta informasi menarik lainnya ? Berikut dibawah ini akan disampaikan ulasan selengkapnya. Simak hingga tuntas ya !

Alasan Membuat Key BCA

Beberapa Alasan Membuat Key BCA

Pada postingan sebelumnya, sudah sempat dibahas tentang Cara Menggunakan Key BCA Individual. Nah, kini saatnya kita beralih pada pembahasan lain yakni Alasan Membuat Key BCA.

Diketahui bahwa KeyBCA memang memberikan kemudahan untuk nasabah dalam melakukan transaksi, namun sebenarnya apakah Alasan membuat Key BCA ?

Mungkin pembaca lebih akrab dengan istilah token yang biasanya seringkali disebut dalam dunia perbankan. Namun Bank BCA menamai tokennya dengan sebutan Key BCA. 

Token BCA atau Key BCA ini merupakan sebuah mesin kecil yang dapat nasabah BCA gunakan untuk membantu transaksi perbankan yang ada.

Alasan membuat Key BCA pun pada dasarnya sama saja seperti token yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan yang lainnya.

Yaitu untuk melakukan transaksi finansial atau perbankan melalui akses internet banking yang bisa diakses di alamat resmi klikbca.com.

Adapun transaksi finansial yang dimaksud seperti transfer uang, bayar tagihan, top up pulsa, dan berbagai macam transaksi finansial lainnya.

Internet banking tanpa Key BCA hanya terbatas untuk pengecekan saldo, mutasi rekening, serta berbagai transaksi non tunai lainnya.

Jadi itulah alasan membuat Key BCA. Dengan sistem keamanan berlapis ini, berbagai aktivitas transaksi keuangan akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Cara Kerja KeyBCA

Beberapa Alasan Membuat Key BCA

Tak hanya membahas mengenai Alasan membuat Key BCA saja, pada kesempatan kali ini juga akan disampaikan perihal Cara Kerja KeyBCA.

Sudah disinggung di atas bahwa KeyBCA adalah alat atau mesin yang sangat kecil, namun bisa digunakan untuk berbagai jenis transaksi. 

KeyBCA sendiri memiliki no seri yang berbeda-beda di setiap alatnya. Saat hendak diaktifkan, alat ini baru diletakkan berdekatan dengan ID internet banking yang dimiliki pengguna.

Jadi semua data atau pemrosesan data chip KeyBCA akan terkoneksi dengan server Bank BCA. Inilah yang menyebabkan kesalahan number saat memasukkan appli KeyBCA otomatis ditolak.

Ini juga yang menjadi alasan utama mengapa alat transaksi KeyBCA yang mengalami kerusakan atau hilang tidak dapat diperbaiki atau dibeli di sembarang tempat. 

Adapun untuk mendapatkan pengganti dari KlikBCA rusak atau hilang, nasabah harus datang langsung ke kantor cabang Bank BCA.

Penyebab Key BCA Lock PIN

Meski cara menggunakan KeyBCA beserta cara kerjanya terbilang mudah, namun tidak jarang dari nasabah yang kebingungan mengikuti panduan dalam menggunakannya.

Kebingungan tersebut juga dapat berpotensi terjadinya KeyBCA ke Lock, sehingga tidak bisa digunakan lagi. Lantas apa penyebab pasti keyBCA terkunci ?

Penyebab KeyBCA ke lock sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Berikut diantaranya : 

1. Salah memasukkan PIN BCA

Seperti peraturan pada fasilitas perbankan yang lainnya, batas kesalahan dari memasukkan PIN atau password keyBCA adalah sebanyak tiga kali.

Jika sudah melebihi angka tersebut, maka key BCA akan otomatis terblokir. Untuk mensiasati ini, gunakan pin yang mudah diingat dan catat di tempat khusus.

2. Asal pencet tombol

Asal pencet tombol biasanya akan terjadi jika nasabah menaruh key BCA secara sembarangan. Biasanya lock PIN terjadi karena terpencet tidak sengaja di dalam tas, akhirnya terblokir.

Cara Mengatasi Key BCA Lock PIN

Beberapa Alasan Membuat Key BCA

Setelah mengetahui penyebab dari Key BCA Lock PIN, berikut juga akan disampaikan mengenai tahapan dari mengatasi Key BCA Lock PIN. 

Intinya faktor utama dari KeyBCA yang terkunci adalah salah memasukkan kode keamanan atau PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut. 

Pada dasarnya untuk mengatasinya, bisa dilakukan secara Online tanpa perlu pergi ke cabang Bank BCA, yakni dengan cara menghubungi Call Center. Adapun untuk tahapannya adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Panggilan

Pertama siapkan perangkat ponsel dengan pulsa di dalamnya minimal Rp. 15.000. Selanjutnya lakukan panggilan ke Kontak Pusat Pelayanan nasabah BCA di no 1500888.

2. Utarakan Permasalahan

Setelah berhasil tersambung dengan petugas BCA, sampaikan permasalahan kalian yang sedang mengalami masalah Token BCA terkunci karena disebabkan salah PIN.

3. Nyalakan Token BCA

Nantinya petugas akan memberikan instruksi agar kalian menyalakan KeyBCA dengan cara menekan tombol segitiga warna merah yang ada di pojok kanan atas. 

Selanjutnya, silahkan masukkan PIN Default yang disebutkan oleh petugas pada layar Token. Setelah itu, tekan tombol Enter.

4. Buat PIN

Nantinya pada layar KeyBCA akan muncul tulisan APPLI_ Lanjut tekan tombol tersebut sekali lagi hingga muncul tulisan NEW PIN. 

Setelah itu, buatlah PIN baru untuk KeyBCA milikmu, lakukan proses tersebut sebanyak 2 kali untuk Konfirmasi.

5. KeyBCA Lock PIN Berhasil Teratasi

Jika pada layar Token tertera tulisan APPLI_ artinya KeyBCA milikmu yang mengalami Lock PIN sudah berhasil dibuka kembali.

Namun jika terjadi kesalahan, maka di layar KeyBCA akan muncul tulisan NEW PIN FAILED. Jika sudah begitu, langsung saja datang ke Kantor Cabang BCA dan mengajukan perangkat baru.

Sekian ulasan tentang Alasan membuat Key BCA yang perlu nasabah ketahui. Cek juga artikel lainnya di 1 Key BCA Bisa Untuk Berapa Rekening.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: