Blu BCA VS Jenius

Informasi mengenai Blu BCA VS Jenius kerap kali dicari oleh banyak masyarakat yang masih bingung untuk membuka rekening di bank digital mana. Blu BCA dan Jenius sendiri saat ini adalah dua aplikasi perbankan digital yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Membandingkan antara Blu BCA dan Jenius sangatlah diperlukan untuk memastikan agar nasabah bisa mengetahui dimana perbedaan antara keduanya dan persamaan yang dimilikinya. 

Jika pembaca penasaran, kalian bisa simak penjelasan selengkapnya mengenai Blu BCA VS Jenius pada uraian dibawah ini.

Sekilas Tentang Blu BCA Jenius

Keberadaan bank digital di indonesia saat ini semakin bertambah banyak. Nah kali ini kita akan membandingkan Bank Jago vs Jenius mulai dari persamaan hingga perbedaannya.

Kedua aplikasi digital banking tersebut memang banyak sekali penggunaannya di Indonesia. Terdapat berbagai pilihan fitur yang dimiliki oleh kedua aplikasi tersebut. 

Bahkan beberapa di antaranya memiliki kemiripan. Oleh sebab itu, penting untuk menelusuri antara keduanya. Sehingga bagi kalian yang masih bingung, bisa mendapat pencerahan. 

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang informasi Blu BCA VS Jenius, ada baiknya jika kita mencoba kenalan terlebih dahulu dengan dua aplikasi tersebut. 

1) Apa Itu Jenius?

Blu BCA VS Jenius

Jenius merupakan digital banking yang dirilis oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN yang dirilis pertama kali pada tahun 2016 lalu. 

Dapat dikatakan jika Jenius ini adalah bank digital pertama di Indonesia. Pada awalnya cukup mengejutkan karena bank ini mampu melahirkan inovasi kekinian.

Jenius hadir mengusung konsep Banking Reinvented, sehingga para pengguna dapat mengatur keuangan hanya dalam genggaman tangan. Tentu sangat praktis, mudah, dan cerdas bukan ?

Di Jenius sendiri, kalian bisa memiliki 2 akun keuangan yakni personal untuk kebutuhan transaksi pribadi, dan akun bisnis untuk kebutuhan bisnis seperti transaksi keuangan bisnis.

2) Apa Itu Blu BCA ?

Blu BCA VS Jenius

BCA Digital adalah bank digital terbaik berikutnya setelah Bank Jenius. Popularitas BCA Digital pada tahun 2023 ini semakin mentereng karena didukung oleh induk perusahaannya, Bank BCA.

Bagian integrasi dari BCA Group ini mengedepankan konsep aplikasi perbankan branchless atau lembaga perbankan tanpa kantor cabang yang bersifat kekinian. 

Keunggulan BCA Digital adalah adanya tampilan UI yang user friendly dan sangat kekinian dan Biaya Admin Blu BCA Per Bulan yang gratis.

Selain itu, layanan customer support BCA Digital juga terbilang sangat responsif dengan dilengkapi fasilitas layanan kontak, video call, live chat, dan sebagainnya.

Blu BCA VS Jenius

Blu BCA VS Jenius

Kedua bank digital ini menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dapat memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan mereka. 

Nah, berikut ini Blu BCA VS Jenius yang mencangkup perbedaan antara Bank Jago vs Jenius beserta persamaannya. Jadi disimak baik-baik ya!

1. Fitur dan Layanan

Baik Jenius atau Blu, keduanya menawarkan fitur dan layanan yang penting dalam pengelolaan keuangan digital, seperti buka rekening online, transfer antar rekening, bayar tagihan, dan top up pulsa.

Namun, Jenius lebih menonjol dengan fitur-fitur inovatifnya seperti Multiple Cards dan Fitur Transaksi Pintar.

Sedangkan Blu BCA memiliki keunggulan dalam hal keamanan transaksi dan integrasi dengan produk-produk BCA lainnya.

2. Biaya

Jika membahas mengenai Blu BCA VS Jenius dalam segi biaya, kedua aplikasi ini memiliki kebijakan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Jenius menawarkan beberapa fitur dan layanan gratis, meskipun beberapa layanan seperti tarik tunai di ATM non BTPN dan transfer ke luar negeri  dikenakan biaya tertentu.

Sedangkan Blu BCA sebagian besar menyediakan fitur dan layanan secara gratis, dengan beberapa pengecualian seperti misalnya biaya tarik tunai di ATM non BCA dan transfer ke bank lain.

Berikut detail lebih lengkapnya dari Blu BCA VS Jenius jika dilihat dari segi biayanya : 

Blu BCA Jenius   
Biaya Pembukaan   Gratis   Gratis   
Biaya Admin  Rp 5.000 โ€“ Rp 20.000 perbulan   Rp 0 โ€“ Rp 20.000 perbulan
Biaya Transfer   Gratis   Gratis   
Biaya Penarikan Tunai   Rp 5.000 โ€“ Rp 7.500 per transaksi   Gratis   
Biaya Tarik Tunai di ATM Bank Lain   Rp 7.500 โ€“ Rp 15.000 per transaksi   Rp 7.500 โ€“ Rp 15.000 per transaksi 
Biaya Transfer ke Bank Lain di Indonesia   Rp 6.500 โ€“ Rp 15.000 per transaksi   Rp 6.500 โ€“ Rp 15.000 per transaksi 
Biaya Transfer ke Bank di Luar Negeri   Rp 25.000 โ€“ Rp 50.000 per transaksi  Rp 25.000 โ€“ Rp 50.000 per transaksi 
Biaya Cek Saldo via ATM   Rp 1.500 โ€“ Rp 2.500 per transaksi  Gratis   
Biaya Print Mutasi Rekening   Rp 2.000 โ€“ Rp 5.000 per transaksi    Gratis   
Biaya Blokir Kartu   Rp 10.000 โ€“ Rp 25.000 per transaksi Rp 10.000 โ€“ Rp 25.000 per transaksi 
Biaya Ganti PIN   Rp 10.000 โ€“ Rp 15.000 per transaksi Rp 10.000 โ€“ Rp 15.000 per transaksi   

3. Integrasi dengan E-Wallet

Aplikasi Jenius memiliki integrasi dengan e-wallet populer seperti GoPay, OVO, dan DANA, sehingga dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan isi ulang dan transfer dengan mudah.

Sementara Blu BCA hanya terintegrasi dengan produk-produk BCA seperti contohnya Sakuku dan Flazz, sehingga dapat memberikan akses mudah ke berbagai layanan BCA Group.

4. Antarmuka Pengguna

Blu BCA VS Jenius jika dilihat dari Antarmuka Pengguna memiliki perbedaan yang cukup mencolok dan mudah dibedakan.

Jenius dikenal dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan user friendly. Sementara Blu menyediakan antarmuka yang nyaman dan mudah digunakan.

Dalam memilih antara Jenius, dan Blu BCA, penting bagi pembaca untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka.

Jenius cocok bagi yang menginginkan fitur-fitur inovatif  yang integrasi dengan e-wallet. Sementara Blu menjadi opsi yang cocok bagi yang mencari keamanan integrasi dengan produk BCA lainnya.

Jadi sekian penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Blu BCA VS Jenius. Kunjungi artikel lainnya di Cara Menghitung Bunga Deposito Blu BCA.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: