Apakah Aplikasi Blu BCA Aman

Beberapa waktu belakangan, banyak diantara masyarakat yang bertanya terkait Apakah Aplikasi Blu BCA Aman ? Demi meminimalisir risiko terjadinya penipuan, ada baiknya jika pertanyaan apakah blu bca aman atau tidak dicari dulu kebenarannya.ย 

Pasalnya saat ini sudah ada banyak kasus penipuan online atau pencurian data yang berasal dari aplikasi bank digital semacam itu. Pertanyaan tersebut juga muncul sebagai salah satu bentuk kewaspadaan masyarakat terhadap informasi digital.ย 

Adapun untuk penjelasan selengkapnya dari pertanyaan Apakah Aplikasi Blu BCA Aman, bisa kalian simak pada uraian dibawah ini.

Blu BCAย 

Apakah Aplikasi Blu BCA Aman

Untuk menjawab pertanyaan dari Apakah Aplikasi Blu BCA Aman atau tidak, kita harus mengenal aplikasi Blu BCA  atau BCA digital ini terlebih dahulu.

Blu BCA adalah aplikasi perbankan digital berbasis mobile dari Bank BCA. Aplikasi ini dikembangkan selama 2 tahun dimulai sejak BCA resmi mengakuisisi Bank Royal pada 2019. 

Pada akhir tahun 2019, Bank Royal kemudian diakuisisi oleh Bank Central Asia atau bank BCA, yang termasuk bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. 

Menyusul aksi korporasi tersebut, di tanggal 28 Mei 2020, Bank Royal tersebut melakukan rebranding dengan mengubah nama menjadi Bank Digital BCA seperti yang sudah kita kenal sekarang.

Awalnya Bank Digital BCA sendiri dirumorkan akan meluncur pada 2021 awal, lalu molor hingga Juni 2021, dan baru bisa terealisasi pada 2 Juli 2021.

Keunggulan utama Blu BCA sendiri adalah infrastruktur induk BCA yang luas. akses eksklusif atas layanan BCA Virtual Account serta jaringan ATM BCA.

Jadi sampai disini seharusnya pembaca sudah bisa mengambil kesimpulan dari aplikasi Blu BCA ini, bahwa aplikasi bank digital tersebut cukup aman, jika melihat bank BCA sebagai pemiliknya.

Apakah Aplikasi Blu BCA Aman?

Apakah Aplikasi Blu BCA Aman

Sebagai layanan Bank digital, pastinya calon nasabah perlu memasukan beberapa data penting saat proses registrasi berlangsung.

Beberapa diantaranya seperti KTP dan foto wajah nasabah, akan diminta oleh aplikasi sebagai tanda untuk memenuhi syarat pendaftaran yang dibutuhkan.

Nah, pada proses inilah, banyak diatara calon nasabah yang bertanya perihal Apakah Aplikasi Blu BCA Aman atau tidak.

Perlu diketahui bahwa, Aplikasi Blu telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sejak 2 Juni 2021 dengan No Tanda Daftar 000835.01/DJAI.PSE/06/2021.

Bagi pembaca yang penasaran dengan pertanyaan, Apakah Aplikasi Blu BCA Aman bisa simak beberapa poin dibawah ini : 

1. Keamanan login dan transaksi

Blu menjaga halaman login dengan password dan SMS OTP (khusus untuk login pertama). Sedangkan untuk transaksi di dalam aplikasi, nasabah diwajibkan memasukkan PIN.

BCA Digital juga membekali Blu BCA dengan lapis keamanan tambahan berupa fitur Limit Transaksi Harian. Secara bawaan, limit ditetapkan sebesar Rp 1 miliar per hari

2. Notifikasi instan

Aplikasi Blu sudah dibekali fitur notifikasi instan. Sehingga nantinya nasabah akan memperoleh notifikasi setiap kali ada transaksi keluar dan masuk. 

3. Verifikasi biometrik

Blu BCA akan melakukan verifikasi biometrik untuk transfer lebih dari Rp 250.025.000. Jadi buat kalian yang baru pertama kali mendengar Blu BCA, tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya.

Apakah Blu BCA Terdaftar OJK?

Apakah Aplikasi Blu BCA Aman

Selain pertanyaan perihal Apakah Aplikasi Blu BCA Aman atau tidak, bisa nasabah juga akan bertanya perihal Apakah Blu BCA terdaftar OJK ? 

Saat ini Blu BCA telah mendapatkan izin OJK untuk pembukaan rekening nasabah baru secara online melalui aplikasi Blu BCA. Tentu ini menjadi kabar baik bahwa Blu BCA adalah aplikasi yang aman. 

Dikutip dari berbagai Sumbe, saat ini Blu BCA telah memiliki lebih dari  806 ribu nasabah dan selalu berkomitmen untuk terus berinovasi sebagai bank digital yang membawa manfaat bagi penggunanya.

Cara Daftar Blu BCA 

Di apakah blu bca aman ini juga akan dijelaskan lebih rinci secara bertahap perihal bagaimana untuk daftar pada aplikasi Blu BCA ini agar kalian tidak salah dalam menggunakannya, simak persyaratannya di bawah ini:

  • WNI yang memiliki KTP dan NPWP
  • Memiliki smartphone Android

Jika sudah menyiapkan beberapa syarat ketentuan di atas, selanjutnya kalian bisa lakukan Cara Daftar Blu BCA dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini : 

  1. Buka Aplikasi Blu bca di playstore
  2. Kemudian klik tombol โ€œDaftar Sekarangโ€
  3. Kalian akan diarahkan untuk menginstall Blu BCA
  4. Jika sudah, buka aplikasi dan lakukan pendaftaran
  5. Lalu masukkan no HP yang masih aktif digunakan
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke no HP 
  7. Masukkan juga alamat email aktif dan buat password
  8. Langkah berikutnya, siapkan foto E-KTP dan NPWP
  9. Lengkapi data, seperti E-KTP, pengenalan biometrik, dan NPWP.
  10. Akan muncul โ€œapakah Anda telah menjadi nasabah BCA atau tidakโ€
  11. Jika nasabah, maka Anda akan diminta verifikasi kartu ATM dan handphone.
  12. Kemudian isi formulir berisi alamat domisili dan data pekerjaan
  13. Lakukan verifikasi data dengan melakukan sesi video call 

Jika proses pendaftaran sudah berhasil, maka proses aktivasi akun akan dilakukan maksimal 3 jam. Nantinya nasabah akan mendapatkan notifikasi jika akun BLU sudah  aktif dan siap digunakan.

Jika dalam penggunaanya nasabah mengalami masalah seperti tidak bisa daftar Blu BCA, kalian bisa lakukan prosedur Cara Mengatasi Akun Blu BCA Error.

Demikian ulasan singkat mengenai Apakah Aplikasi Blu BCA Aman. Jika memang tertarik dengan sistem yang ditawarkan, segera daftar aplikasi Blu BCA sekarang juga. 

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: