Cara Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Seperti apakah syarat dan Cara penutupan rekening BCA karena meninggal ? Pengurusan dan penutupan aset orang yang meninggal sangat penting dilakukan untuk menghentikan tanggung jawab yang dikenai pada aset tersebut, seperti misalnya biaya rutin hingga pajak.

Menutup tabungan orang yang sudah meninggal sendiri memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena terdapat serangkaian prosedur yang perlu ahli waris lakukan.

Adapun untuk informasi selengkapnya mengenai Cara Penutupan Rekening BCA karena Meninggal, bisa kalian simak pada pembahasan dibawah ini.

Syarat Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Cara Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Cara penutupan rekening BCA karena meninggal merupakan salah satu hal penting yang harus segera ahli waris lakukan.

Langkah pertama, kita harus mengetahui program apa yang sedang dijalani oleh almarhum di bank yang bersangkutan.

Misalnya, jika almarhum mengikuti program tabungan haji yang memotong biaya bulanan secara otomatis, maka ahli waris harus segera berkomunikasi dengan pihak bank.

Selain itu ada pula beberapa hal lain yang perlu kalian siapkan. Berikut diantaranya : 

  1. Kartu identitas pemilik rekening beserta seluruh ahli waris, berupa KTP aktif
  2. Kartu keluarga (KK) pemilik rekening dan ahli waris
  3. Buku rekening tabungan / sertifikat deposito, jika hendak mengklaim deposito
  4. Surat Kematian pemilik rekening
  5. Surat nikah pemilik rekening atau surat cerai untuk yang sudah bercerai
  6. Surat keterangan ahli waris yang disahkan oleh pihak Kelurahan dan Kecamatan untuk dana rekening dibawah Rp 100.000.000
  7. Jika dana berada diatas Rp 100.000.000, surat ini wajib disahkan oleh pihak Kelurahan/Desa, Kecamatan, dan notaris.
  8. Surat kuasa pencairan dana, harus diberikan jika tidak semua ahli waris dapat mengurus ke bank langsung.

Mempersiapkan segala syarat yang diperlukan dengan baik akan menghemat waktu ahli waris dan tentunya dapat mempercepat proses Cara penutupan rekening BCA karena meninggal.

Cara Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Cara Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Jika sudah menyiapkan syarat ketentuannya, tahap selanjutnya lakukan prosedur dari Cara penutupan rekening BCA karena meninggal berikut ini : 

1. Mengunjungi kantor bank 

Hal pertama yang harus dilakukan dari tahapan Cara penutupan rekening BCA karena meninggal yakni dengan mendatangi kantor bank BCA terdekat. 

Ada baiknya jika ahli waris tersebut mendatangi kantor bank dimana almarhum membuka rekeningnya. Hal ini berguna agar pencairannya dapat dilakukan lebih cepat dan mudah. 

Jika berkas sudah lengkap dibawa ke kantor bank, maka proses pencairan dapat langsung diproses. Namun jika belum membawa berkas, ahli waris dapat bertanya langsung kepada pihak bank. 

2. Mengajukan Penutupan Rekening

Cara penutupan rekening BCA karena meninggal yang berikutnya adalah pihak keluarga harus mengajukan penutupan rekening pada bank yang bersangkutan.

3. Mencairkan Dana yang Ada Pada Rekening Bank

Setelah semua prosedur sudah dilalui dan persyaratan dilengkapi, maka bank BCA akan segera memproses pencairan dananya. Meski begitu, proses pencairan dana akan memakan waktu. 

Sehingga pihak keluarga tidak bisa mengharapkan dana akan segera cair saat itu juga. Hal ini karena pihak bank perlu memastikan tentang keabsahan ahli waris.

Jika dana sudah jatuh ke tangan ahli waris dan rekening BCA milik almarhum sudah ditutup, maka kewajiban pihak bank sudah selesai.

Keputusan berikutnya murni diserahkan kepada pihak keluarga atau notaris jika mendiang telah meninggalkan surat warisan

Biaya Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan saat melakukan Cara penutupan rekening BCA karena meninggal adalah adanya biaya admin yang akan dikenakan oleh pihak bank. 

Adapun untuk jumlah biaya yang dikenakan pihak perbankan dalam proses penutupan rekening tabungan dapat berbeda-beda pada setiap bank. 

Namun kebanyakan lembaga perbankan biasanya menetapkan biaya penutupan rekening tabungan mulai dari Rp 100.000.

Kelebihan Bank BCA

Cara Penutupan Rekening BCA Karena Meninggal

Bank BCA tentu saja memiliki beberapa kelebihan sehingga membuatnya layak diakui oleh masyarakat Indonesia, berikut ini beberapa keunggulan BCA jika dibandingkan bank lainnya :

1. Kenyamanan dan keamanan transaksi

Kelebihan Bank BCA yang pertama yakni BCA memiliki sistem keamanan yang terbaik, dan telah bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), 

Sehingga nasabah tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi di BCA. Selain itu, BCA juga menyediakan berbagai fitur dan layanan yang bisa dinikmati oleh nasabahnya. 

Pelayanan yang diberikan tersebut akan selalu ditingkatkan. Hal inilah yang memberikan kenyamanan maksimal dalam melakukan transaksi di BCA.

2. Praktis, mudah digunakan, banyak pilihan produk

Bank BCA telah menyediakan beragam produk keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga, mereka bisa memilih jenis tabungan atau produk berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Tidak hanya itu saja, adanya layanan digital juga berguna untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi online. Tampilannya pun user friendly, jadi praktis dan mudah digunakan.

3. Terdapat keuntungan dari suku bunga

Menabung di BCA mampu menguntungkan, baik untuk individu atau perusahaan. Hal ini karena adanya suku bunga dengan besaran tertentu.

Dengan demikian, tentu akan mampu memberikan tambahan keuntungan bagi nasabah jika semakin banyak jumlah uang yang ditabung.

4. Memiliki kesempatan menang undian berhadiah

Perlu diketahui bahwa bank BCA kerap kali mengadakan berbagai event menarik sekaligus berhadiah. Oleh sebab itu, setiap nasabah memiliki kesempatan menang undian berhadiah.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Cara penutupan rekening BCA karena meninggal. Cek artikel lainnya diย  Cara Top Up Flip dari BCA agar semakin menambah wawasanmu.

Eshter

Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Bagikan:

Tags: